Jumat, 20 Maret 2009

Abu Hurairah dan Ibunya


Abu Hurairah dan Ibunya


Ketahuilah wahai anak-anak. Dahulu disaat da`wah Nabi kita Muhammad ketahuilah pada awalnya ibu Abu Hurairah adalah seorang yang musyrik.
Sebagai seorang muslim, Abu Huroiroh senantiasa berdakwah kepada ibunya mengajak beliau agar bersedia masuk ke dalam Islam. Kalian tahu wahai anak-anak di jalan Alloh apa yang dilakukan oleh ibunya?
Ibu Abu Huroiroh malah membalas ajakan tanaknya tersebut dengan ucapan yang buruk terhadap Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Abu Huroiroh pun merasa kesedihan yang amat sangat atas perilaku ibunya dan tanggapan ats dakwah Nabi Muhammad Shalallalallhu `alaihi wassalam.
Sampai pada akhirnya beliau menangis dan menemui Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkeinginan mengadukan peristiwa yang dialaminya.
Abu Huroiroh berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mengajak ibuku masuk Islam.
Tapi dia tidak mau menurutiku. Satu hari aku mengajaknya lagi. Tetapi dia malah mengucapkan sesuatu tentangmu yang aku benci. Doakanlah kepada Alloh agar memberi hidayah kepada Ibuku”. Kemudian Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam pun berdoa,
“Ya Alloh, berilah hidayah kepada Ibunya Abu Hurairah.”

Anak-anak, semoga kalian diberkahi Allah ta`ala. Abu Hurairah pun merasa gembira dan brsyukur serta berharap agar do`a nabi segera terkabul secepatnya. Abu Hurairah pun pulang ke rumahnya. Ketika beliau sampai ke pintu, ternyata pintu itu tertutup. Ibu Abu Huroiroh mendengar langkah kaki putranya. Ibunya lalu berkata, “Tetap di tempatmu, wahai Abu Huroiroh.”

Dari luar Abu Huroiroh mendengar suara gemericik air.Ternyata Ibunya sedang mandi. Ibunya kemudian memakai baju dan kerudungnya. Beliau membuka pintu dan berkata,
“Wahai Abu Huroiroh…Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Alloh dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rosul-Nya.”
Ibu Abu Hurairah mengucapkan kalimat syahadt yang sangat ingin didengar oleh putranya Abu Hurairah.Alhamdulillah ya anak-anak di jalan Allah..
Akhirnya ibu Abu Huroiroh masuk Islam. Doa Rosululloh pun dikabulkan oleh Rabb kita Allah ta’ala.

Nah anak-anak semoga kalian dapat mengambil manfaat dan dapat menambah semangat kalian semua di dalasm belajar memahami islam dan mengamalkannya yang sesuai pemahaman salaful ummah kita yaitu para shohabat dan penerusnya. Amin (HR. Muslim )



2 komentar:

ahmadinda mengatakan...

assalamu'alaikum ustadzi. blognya mumtaz banget. salam kenal yah. kl berkenan silaturrahmi ke http://pesantrenahmad.wordpress.com ya tadz.
syukron, wassalam

_anum_ mengatakan...

subhanallah...kisah yg luar biasa ummi, syukron katsiran...