Minggu, 15 Maret 2009

Seorang Petani dan Awan

Seorang Petani dan Awan

Anak-anak di jalan Alloh, alhamdulillah sudah lama kita tidak berjumpa lewat kisah-kisah islam yang berasal dari sunnah yang shohihah. Berikut ini ada sebuah kisah seorang petani dan awan yang masya Alloh ceritanya, semoga kita semua dimudahkan oleh Allah ta`ala dalam memahami dan mendapat atau mengambil manfaat yang besar dari kisah berikut..

Pada masa dahulu ada seorang yang sedang berjalan di padang pasir yang gersang. Tiba-tiba dia mendengar suara dari dalam awan,"siramlah kebun si fulan!" . Kemudian awan tersebut menuju ke arah yang dipenuhi batu-batu hitam. Orang yang mendengar tadi kemudian mengikuti arah perginya awan itu. Lalu awan tersebut berhenti dan menuangkan airnya ke tempat itu. Selain banyak batunya disana juga terdapat sebuah parit yang penuh dengan aiar mengalir, kemidian tampaklah seorang laki-laki yang berada di tengah kebunya itu, ia sedang membagi-bagikan air di kebunnya dengan sekop miliknya.

Kemudian orang yang mengikuti awan tersebut bertanya,"Wahai hamba Alloh! Siapakah nama engkau?" "Fulan",jawab laki-laki di kebun itu. ternyta namanya sama dengan anama yang didengarnya dari balik awan tadi. Maka si fulan juga bertanya,"Mengapa engkau bertanya siapa namaku?" laki-laki tadi menjawab,"Sesungguhnya aku mendengar suara dari dalam awan yang menuangkan air ke kebun ini"Siramilah kebun si fulan" dan nama itu sama persis dengan nama engkau. Apa sesungguhnya yang telah engkau kerjakan?"

Si Fulan menjawab, "Karena engkau telah bertanya seperti itu, ketahuilah sesungguhnya aku selalu memeperhatikan apa yang dihasilkan oleh kebunku ini. Sepertiga dari hasil kebun ini aku shodaqohkan, sepertiganya akau makan bersama dengan keluargaku, dan sepertiganya aku persiapkan untuk bibit."

(HR. Muslim dari Abu Huroiroh)

Tidak ada komentar: