Sabtu, 24 Januari 2009

MengenalMakkah

Makkah

Nah anak-anak kini kita akan mengenal lebih dekat kota Makkah yang sekarang ada di saudi arabia. Kota Makkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah tepatnya pada koordinat 21°25′24″LU,39°49′24″BT.Koordinat: 21°25′24″LU,39°49′24″BT Kotanya merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka'bah sebagai pusatnya. Dengan itu, pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan dan sekarang alhamdulillah pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini.

Seperti pada umumnya kota kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun. Penghuni pertamanya adalah nabi Ismail dan ibundanya Hajar lalu diikuti oleh suku jurhum yang menetap disana di samping Nabi Ismail dan ibunya. Setelah suku Jurhum tidak ada maka digantikan suku Quraisy yang dari suku Quraisylah lahir Nabi kita Nabi Muhammad shallallahu `alaihi wassalam . Di Makkahlah Nabi pertama kali berdakwah kepada kaumnya suku Quraisy tetapi kebanyakan mereka menentang. Lalu Allah subhanahu wa ta`ala perintahkan beliau shallallahu `alaihi wassalam bersama sahabat-sahabatnya pergi berhijroh ke Madinah. Baru pada tahun 8 Hijriyah Makkah dapat dikuasai setelah beliau hijrah ke Madinah an terjadi pelanggaran Perjanjian Hudhaibiyah oleh suku Quraisy.

Jangan lupa juga bahwa di kota Makkah pula terdapat Ka`bah yang terdapat di dalam majid Al Haram.Tentu kalian tahu ka`bah adalah kiblat kita kaum muslimin sedunia dalam menunaikan ibadah kepada Allah ta`ala. Di kota Makkah juga sebagi tempat perlindungan bagi siapa saja yag menyelamatkan diri atau berlindung disana, bahkan pembunuh tidak dapat dibunuh di makkah tersebut. Ketahuilah pula oleh kalian bahwa Kota Makkah pernah menjadi tempat pemerintahan sesudah Khulafaur Rosyidin yaitu pemerintahan sahabat Abdullah bin Zubair bin Awwam.

Anak-anak semoga Alloh menjaga kalian
. Semoga Alloh memudahkan kita dapat berhaji sehingga dengan begiu kita dapat mengunjungi Makkah pula. Ya Alloh kabulkan peromohonan hamba-hamba-Mu ini. Amin.

Tidak ada komentar: