Sabtu, 06 Desember 2008

Saat Nabi Lahir

Saat Nabi Lahir

Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Salam dilahirkan di kota Makkah Al Mukarramah pada hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun 571 M. Tahun dinamakan tahun gajah karena pada tahun itu Abrohah seorang gubernur Kerajaan habasyah di Yaman bersama pasukan gajahnya berusaha menghancurkan Ka'bah. Tetapi Alloh menghancurkan Abrahah dan tentaranya. Nah baca ya di dalam surat Al Fiil.
Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdil Muthallib bin Hasyim bin Abdi Manaf. Ia meninggal sebelum Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Salam dilahirkan. Oleh karena itu beliau dilahirkan dalam keadaan yatim.


Ibu beliau adalah Aminah bintu Wahb bin Abdi Manaf . Setelah ibunya melahirkan, ibu beliau mengirim beliau kepada kakeknya. Ibunya memberikan kabar gembira kepada sang kakek dengan kelahiran cucunya. Maka kakeknya datang dengan menggendong-nya. Sang kakek memasuki Ka'bah bersama beliau. Kakeknya berdoa bagi beliau dan menamai beliau Muhammad, sebuah nama yang belum dikenal dalam bangsa arab saat itu.
Alloh berfirman yang artinya,

"Dan (aku) memberikan kabar gembira dengan seorang rasul yang datang sesudahku yang bernama Ahmad (Muhammad)."
(QS. Ash Shaff: 6).

Nasab beliau dari sisi ayah adalah Muhammad bin Abdillah bin Abdil Muthollib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murroh bin Ka'ab bin Lu'ai bin Gholib bin Fihr bin Malik bin AnNadhor bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nazzar bin Ma'ad bin Adnan. Adnan termasuk keturunan Ismail bin Ibrahim 'Alaihimussallam. Jadi ketahui ya oleh kalian nasab ayah Nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam bertemu dengan nasab ibu beliau pada Kilab bin Murrah.

Orang-orang Quraisy mempunyai sebuah kebiasaan untuk menyerahkan anak-anak mereka kepada para ibu susuan yang berasal dari desa yaitu orang badui di pedalaman agar di tahun-tahun pertama kehidupannya sang anak hidup di udara pedalaman yang segar,sehingga badannya menjadi kuat karenanya dan mengenal serta belajar bahasa arab yang masih murni.

Maka kakek beliau `Abdul Muthallib mencari ibu susuan bagi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Salam.Saat itulah datanglah wanita-wanita dari bani Sa'ad di Makkah. Mereka mencari anak-anak untuk disusui. Di antara mereka adalah Halimah As Sa'diyyah. Semua wanita itu telah mengambil anak untuk disusui kecuali Halimah. Ia tidak menemukan selain Muhammad. Pada mulanya ia enggan mengambil beliau dikarenakan beliau adalah anak yatim tanpa ayah. Namun ia tidak suka kembali tanpa membawa anak susuan. Akhirnya Halimah mengambil beliau karena tidak ada bayi selain beliau untuk disusui.

Halimah mendapatkan banyak dari barakah Nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam selama menyusui beliau, beliau Shalllallahu 'Alaihi wa Salam menetap di Bani Sa'ad selama dua tahun, selama masa penyusuan. Kemudian Halimah membawanya ke Makkah. Ia membawanya kepada ibu beliau, Halimah meminta kepada Aminah ibunda nabi agar beliau diizinkan tinggal bersamanya lebih lama lagi.

Disaat usia Rosulullah Shallallahu 'Alaihi wa Salam lima tahun terjadi peristiwa pembelahan dada beliau. Jibril datang kepada beliau Ketika sedang bermain-main bersama anak-anak yang lain. Lalu Jibril mengambil beliau kemudian dibaringkan ke tanah dan diambil jantung beliau. Jibril mengeluarkan segumpal darah dari jantung tersebut dan berkata,"Ini adalah bagian syaithon dari dirimu."
Lalu Jibril mencucinya dalam baskom emas dengan air zam-zam. Kemudian Jibril mengembalikan jantung itu seperti semula.
Dilaporkan hal ini krepada halimah oleh anak-anak yang melihat kejadian ini. Ia pun mengkhawatirkan keselamatan beliau. Sehingga ia mengembalikan beliau kepada sang ibu.

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Salam dikembalikan oleh Halimah. Beliau pun tinggal bersama sang ibu. Disaat beliau mencapai usia enam tahun, Aminah membawanya ke Yatsrib. Mereka menungunjungi paman-paman beliau dari Bani An Najjar.

Aminah pergi bersama Ummu Aiman, pengasuh Rosululloh Shallallahu `alaihi wa Salam. Di perjalanan pulang dari Yatsrib, ibu beliau meninggal di Al Abwa' yangberada diantara Makkah dengan Madinah. Maka Ummu Aiman kembali pulang ke Makkah bersama beliau. Dan menjadi yatim piatu beliau sehingga beliau diasuh oleh sang kakek `Abdul Muthallib.

Anak-anak demikianlah sepenggal kisah kehidupan masa kecil beliau. Insya Alloh kita nantikan kisah beliau berikutnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum..

Pa Kabar..!!
Terima Kasih atas Postingannya tentang sejarah Rsulullah SAW..
Salam kenal dari saya Ya..

Wassalam..